CARA PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE WORD



CARA PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Perkembangan dibidang software sangat pesat, sehingga manusia atau pengguna harus mengerti software dan dapat menjalankannya. Untuk itu belajar sesuai dengan perkembangan software sangatlah penting agar mengerti software yang digunakan. Banyak sekali modul modul diinternet dan buku buku mulai menerbitkan cara atau tutorial sesuai dengan perkembangan software, seperti Microsoft office 2007. Karena Microsoft office lebih berbeda daripada Microsoft office 2003 maupun sebelumnya.

  1. Sejarah Microsoft Office Word
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC danpindahke Microsoft pada 1981. Simonyi jugamenggaet Richard Brodiedari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program inip ada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG kedalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilispadatahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisisalinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertamadari Word for Windows dirili spadatahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

  1. Cara membuka Microsoft Office

  1. Klik start pada jendela desktop 


  1. Klik all program dan pilih folder Microsoft Office

  1. Disini anda akan melihat banyak software yang terdapat pada Microsoft Office, dan klik Microsoft Word untuk membukanya. Setelah anda membukanya akan muncul Microsoft word, dan MS word siap digunakan

  1. Unsur-unsur utama LayarMs Word.

  • Tombol  Microsoft  Office,  hampir  sama  dengan  menu  file  pada  Microsoft  Word  versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
  • Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujungkanan toolbar ini  dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands.
  • Title  bar,  yang  terletak  paling  atas  pada  jendela  word.  Title  bar  ini  menampilkan  nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft  Word  akan  menampilkan  file  tersebut  dengan  nama  Document  1,  2,  3  dan seterusnya.
Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft
  • Word.
  • Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
  • Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
  • Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
  • Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
  • Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen  layout, web layout, out line dan draft.
  • Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.


  1. Memperbaiki penulisan teks yang salah
Ketika suatu dokumen dibuat,sering kali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :

    1. Menggunakan Mouse
      Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam keposisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung kelokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakanpanah double atasdanbawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
  1. Menggunakan Keyboard
    Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.

  1. Menu File

Pada menu file kita akan menampil kan seperti diatas, menu file sangat penting karena disinilah kita dapat membuat lembar kerja baru maupun menyimpannya dalam bentuk document.

    1. Menyimpan Dokumen
      Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog.

Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc atau sesuai dengan keinginan anda.
b . Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close

  1. Membuka Dokumen
    Untuk membuka dokumen klik office button danpilih Open, Word akanmenampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampun g file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudiantekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word.
  2. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen  kosong  yang  siap  untuk  ditulisi.  Namun,  jika  komputer  tidak  secara  otomatis

  • Klik  tombol Microsoft Office atau File,  lalu klik New
  • Maka keluar kotak dialog New


  1. Mencetak dokumen
Dalam mencetak dokumen anda dapat menggunakn print pada menu file
Dan gunakan print yang aktif

 

  1. Mengatur font
Untuk mengatur font anda atau tulisan yang anda buat, ada tampilan dibawah ini yang digunakan mengatur teks yang telah dikerjakan. Bila anda ingin lengkap atau selain yang ditampilkan di  toolbar anda bisa menekan tanda yang telah ditandai warna kuning, sebagai berikut.
Akan muncul tampilan dibawah ini dan anda siap mengedit teks anda dari mengganti font, size, font color, dan lain-lain.

  1. Pengaturan Halaman
    Membuat Bingkai Pada Halaman
Untuk mempercantik dokumen, kita bisa menambahkan bingkai pada halaman dengan cara:
Tandai teks yang akan diberi bingkai
Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background yang akan menampilkan kotak dialog border and shading.
   Klik tab Page Borders

  Lakukan Pengaturan 
Kotak pilihan style, adalah untuk memilih jenis garis yang ingin digunakan.
Kotak pilihan Color, adalah untuk memilih warna bingkai yang diingikan.
Kotak pilihan Width,  adalah untuk memilih lebar bingkai yang diingikan.
Kotak  pilihan  Art,     adalah  untuk  memilih  jenis  bingkai  lain  apabila  tidak  ingin menggunakan garis.
Pada  kotak  pilihan  Apply  to:,  tentukan  kemana  penerapan  yang  akan  digunakan misalnya teks atau paragrap.
Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.   Klik OK

Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas

  1. Untuk menentukan ukuran kertas dan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:
Klik tab Page Layout. Klik perintah size di grup Page Setup
  Apabila  tidak  ditemukan  ukuran  yang  diinginkan  klik  more  paper  size  yang  akan memunculkan kotak dialog Page Setup .Lalu tentukan: 
Lebar kertas pada kotak pilihan Width
Tinggi kertas pada pilihan Height.
Pada  pilihan  Apply  to:  tentukan  penerapan  yanga  akan  digunakan  apakah  seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.

  Lalu klik OK.  
b.   Untuk menentukan Orientasi kertas langkah-langkahnya:
  Masih   di   tab   Page   Layout   dan   grup   Page   Setup,   klik   perintah   Orientation.
  Lalu klik di salah satu pilihan orientasi meliputi potrait        untuk orientasi tegak dan landscape  untuk orientasi mendatar.

  Apabila  tidak  ditemukan  ukuran  yang  diinginkan  klik  custom  margin  yang  akan memunculkan kotak dialog Page Setup . Lalu tentukan:
  • Pada kotak pilihan Top tentukan lebar margin atas.
  • Pada kotak pilihan Bottom tentukan lebar margin bawah.
  • Pada kotak pilihan Left tentukan lebar margin kiri. 
  • Pada kotak pilihan Right tentukan lebar margin kanan. 
  • Pada  kotak  pilihan  Gutter  tentukan  lebar  penjilidan  dan  pada  kotak  pilihan  Gutter position  tentukan  letak  penjilidan  apakah  dikiti,  diatas  atau  di  kanan  (apabila menggunakan    penjilidan).    Perintah    ini    diabaikan    saja    apabila    tidak    ingin menggunakan penjilidan.Pada  pilihan  Apply  to:  tentukan  penerapan  yanga  akan  digunakan  apakah  seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.
  Lalu klik OK



Catatan:
Kita juga bisa langsung mengatur ketiga-tiganya (Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas)
secara langsung menampilkan kotak dialog page setup dengan cara:
   Klik  perintah  untuk  memunculkan  kotak  dialog  Page  Setup  di  sudut kanan  bawah  grup page  setup.  maka  muncul  kotak  dialog page  Setup  dan  yang  aktif  margin .



   Pada tab margin, lakukan pengaturan terhadap margin dan orientasi.
   Pada tab paper size, lakukan pengaturan pada ukuran kertas
   Klik OK.

Header dan Footer 

Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu  tampil  pada  setiap  halaman.  Sedangkan  Footer  (catatan  kaki)  kebalikan  dari  header. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.
   Klik Tab insert.
  Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.
   Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita. 
Footnone/Endnote


Footnote/Endnote  adalah  catatan  kaki  yang  digunakan  untuk  memberikan  komentar   sebuah kata yang ada pada dokumen. Biasanya ditandai dengan nomor. Hanya saja Footnote/Endnote ini  tidak  akan  tampil  di  setiap  halaman  .  untuk  Footnote,  komentar  akan  tampil  di  bawah halaman  tempat  kata  yang  diberi  komentar  itu  berada.  Sedangkan  pada  Endnote,  komentar akan tampil di akhir dokumen. Langkah-langkah untuk membuat footnote/endnote:
   Klik pada kata yang akan diberi catatan kaki.
   Untuk footnote Klik tab References lalu klik perintah Insert Footnote                 pada grup footnotes. Dan untuk endnote, masih di tab References klik perintah Insert Endnote, Lalu ketikan komentar dari kata tersebut.
   Kita juga bisa langsung memberikan footnote/endnote dengan terlebih dahulu menentukan formatnya dengan cara klik perintah untuk menampilkan kotak dialog footnotes di sudut kanan bawah lalu akan muncul kotak dialog Footnote and Endnote
Pada kotak pilihan location, tentukan dimana catatan kaki akan ditempatkan. Pada  pilihan  format  tentukan  jenis  penandaan  nya  apakan  dengan  format  number pada number format (tersedia beberapa pilihan) atau tanda lain pada Custom  Mark (bisa dengan karakter khusus dengan memilih tombol Symbol).
   Pada pilihan start at, tentukan nomor awal catatan kaki dimulai (bila menggunakan format nomor). 
Penomoran Halaman

Untuk memberikan penomoran halaman, langkah-langkahnya:
   Klik tab insert lalu klik page number pada grup header & footer
   Lalu tentukan letak penomoran dengan menyorot salah satu pilihan pada drop down (misal Top of page) lalu klik salah satu lay out yang ditampilkan (misal plain number 2).


   Untuk memilih format lain pada page number, klik format page number masih di perintah page number  maka keluar kotak dialog page number format
   Tentukan  format  yang  diinginkan  pada  pilihan  number  format  lalu  dari  nomor  berapa dimulainya penomoran pada pilihan start

  1. Mengganti gaya penulisan
Di styles kita dapat mengganti gaya penulisan kita


terimakasih dan sekian dari saya... jangan lupa tinggalkan komen za, and like status2 saya heheheehe @hafizh   +Hafizh Mubasyir


1 komentar:

cai wardana mengatakan...

bagus sekali untuk di pelajari thanks atas infonya

a

Ads 468x60px

Featured Posts

welcome

selamat datang di blog saya

blog ini berisi tutorial belajar C++ dan bahasa pemrograman laennya
semoga Bermanfaat

salam kenal
from hapish

About Me

Label

Popular Posts

fan page

Blogger templates