skrip mencari LUas dan keliling bangun datar dengan switch chas c++

#include<iostream.h>
#include<conio.h>


const float phi=3.14;
float luas, keliling, jari2, sisi, panjang, lebar, sisi_miring, alas, tinggi;
int main()

{
int pilih;

cout<<"pilih bangun"<<endl;
cout<<"1. lingkaran"<<endl;
cout<<"2. persegi"<<endl;
cout<<"3. persegi panjang"<<endl;
cout<<"4. segitiga sama kaki"<<endl;
cout<<"5. segitiga sama sisi"<<endl;

cout<<"masukan kode nomor = ";cin>>pilih;

switch (pilih)
{
   case 1:
   cout<<"masukan jari jari = ";cin>>jari2;
   luas=0.5*phi*jari2*jari2;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*phi*jari2;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 2:
   cout<<"masukan sisi = ";cin>>sisi;
   luas=sisi*sisi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=4*sisi;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 3:
   cout<<"masukan panjang = ";cin>>panjang;
   cout<<"masukan lebar = ";cin>>lebar;
   luas=panjang*lebar;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*panjang+2*lebar;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 4:
   cout<<"masukan alas = ";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi= ";cin>>tinggi;
   cout<<"masukan sisi miring = ";cin>>sisi_miring;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*sisi_miring+alas;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 5:
   cout<<"masukan alas = ";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi= ";cin>>tinggi;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=3*alas;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

}
cout<<""<<endl;
cout<<"============================="<<endl;
cout<<"hafizh mubasyir"<<endl;
cout<<"============================="<<endl;
cout<<"Teknik Informatika"<<endl;
cout<<"============================="<<endl;

getch();
}

hasil listing :


download skripnya disini

skrip mencari LUas dan keliling bangun datar dengan switch chas c++

#include<iostream.h>
#include<conio.h>


const float phi=3.14;
float luas, keliling, jari2, sisi, panjang, lebar, sisi_miring, alas, tinggi;
int main()

{
int pilih;

cout<<"pilih bangun"<<endl;
cout<<"1. lingkaran"<<endl;
cout<<"2. persegi"<<endl;
cout<<"3. persegi panjang"<<endl;
cout<<"4. segitiga sama kaki"<<endl;
cout<<"5. segitiga sama sisi"<<endl;

cout<<"masukan kode nomor = ";cin>>pilih;

switch (pilih)
{
   case 1:
   cout<<"masukan jari jari = ";cin>>jari2;
   luas=0.5*phi*jari2*jari2;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*phi*jari2;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 2:
   cout<<"masukan sisi = ";cin>>sisi;
   luas=sisi*sisi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=4*sisi;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 3:
   cout<<"masukan panjang = ";cin>>panjang;
   cout<<"masukan lebar = ";cin>>lebar;
   luas=panjang*lebar;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*panjang+2*lebar;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 4:
   cout<<"masukan alas = ";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi= ";cin>>tinggi;
   cout<<"masukan sisi miring = ";cin>>sisi_miring;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=2*sisi_miring+alas;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

   case 5:
   cout<<"masukan alas = ";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi= ";cin>>tinggi;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas = "<<luas<<endl;
   keliling=3*alas;
   cout<<"keliling = "<<keliling<<endl;
   break;

}
cout<<""<<endl;
cout<<"============================="<<endl;
cout<<"hafizh mubasyir"<<endl;
cout<<"============================="<<endl;
cout<<"Teknik Informatika"<<endl;
cout<<"============================="<<endl;

getch();
}

HAFIZH MUBASYIR: Tutorial C++

HAFIZH MUBASYIR: Tutorial C++: Tempat belajar C++ dengan mudah dan asyik 1. PENGENALAN dan DFINISI ALGORITMA DALAM PEMROGRAMAN ...

skrip mencari LUas dan keliling bangun datar dengan if else C++

#include<iostream.h>
#include<conio.h>

const float phi=3.14;
float jari2, keliling, luas, sisi, panjang, lebar, alas, tinggi, sisi_miring;
int pilih;
int main()

{
cout<<"pilih bangun"<<endl;
cout<<"1. lingkaran"<<endl;
cout<<"2. Persegi"<<endl;
cout<<"3. persegi panjang"<<endl;
cout<<"4. segitiga sama kaki"<<endl;
cout<<"5. segitiga sama sisi"<<endl;

cout<<"pilihan bangunan nomor =";cin>>pilih;

if(pilih==1)
{
   cout<<"masukan jari jari lingkaran =";cin>>jari2;
   luas =0.5*phi*jari2*jari2;
   cout<<"luas"<<luas<<endl;
   keliling=2*phi*jari2;
   cout<<"keliling ="<<keliling<<endl;
}
else if(pilih==2)
{
    cout<<"masukan sisi = ";cin>>sisi;
   luas=sisi*sisi;
   cout<<"luas ="<<luas<<endl;
   keliling=4*sisi;
   cout<<"keliling"<<keliling<<endl;
}
else if(pilih==3)
{
    cout<<"masukan panjang =";cin>>panjang;
   cout<<"masukan lebar =";cin>>lebar;
   luas=panjang*lebar;
   cout<<"luas ="<<luas<<endl;
   keliling=2*panjang+2*lebar;
   cout<<"keliling"<<keliling<<endl;
}
else if(pilih==4)
{
    cout<<"masukan alas =";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi =";cin>>tinggi;
   cout<<"masukan sisi miring =";cin>>sisi_miring;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas ="<<luas<<endl;
   keliling =2*sisi_miring+alas;
   cout<<"keliling ="<<keliling<<endl;

}
else if(pilih==5)
{
    cout<<"masukan alas =";cin>>alas;
   cout<<"masukan tinggi =";cin>>tinggi;
   luas=0.5*alas*tinggi;
   cout<<"luas ="<<luas<<endl;
   keliling=3*alas;
   cout<<"keliling"<<keliling<<endl;

}


getch();
}

hasil listing



skrip bisa anda download disini

pengertian flowchart



Flowchart   adalah   penyajian   yang   sistematis   tentang   proses   dan   logika   dari   kegiatan penanganan informasi  atau penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah   kedalam   segmen-segmen   yang   lebih   kecil   dan   menolong   dalam   menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
System flowchart adalah urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
Program  flowchart adalah suatu bagan  dengan simbol-simbol  tertentu yang  menggambarkan urutan  proses  secara  mendetail  dan  hubungan  antara  suatu  proses  (instruksi)  dengan  proses lainnya dalam suatu program

PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART
Jika  seorang  analis  dan  programmer  akan  membuat  flowchart,  ada  beberapa  petunjuk  yang
harus diperhatikan, seperti :
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat
dimengerti oleh pembacanya.
3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja,
misalkan Melakukan penggandaan diri.
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati.
Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu
digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan
percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila
percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Daftar Blog

a

Ads 468x60px

Featured Posts

welcome

selamat datang di blog saya

blog ini berisi tutorial belajar C++ dan bahasa pemrograman laennya
semoga Bermanfaat

salam kenal
from hapish

About Me

Label

Popular Posts

fan page

Blogger templates