REFERENSI LENGKAP MENGINSTAL UBUNTU

INSTALISASI UBUNTU

Ubuntu merupakan sistem operasi terkenal dari linux, karena sudah hampir banyak orang memilih Ubuntu sebagai sistem operasi untuk komputer ataupun laptop. Dengan lisesnsi free anda dapat mendapatkannya tentunya secara gratis pula. Bila anda  ingin mendapatkannya bisa mendownload di situs resmi ubuntu yaitu http://www.ubuntu.com.
Masuk situs Ubuntu tersebut dan download ubuntunya, dan biasanya dalam betuk file ISO. Jadi setelah anda mendownload Ubuntu yang masih berfile Iso tersebut, anda harus Burning file tersebut kedalam CD/DVD. Setelah anda Burning barulah kaset Ubuntu tersebut baru bisa digunakan.
Setelah semua siap, barulah instalasi bisa dilakukan.
  1. Proses Instalasi Ubuntu

  1. Masuk pada Bios pada waktu pertama menyalakan komputer, dengan cara menekan tombol ‘DEL’ atau ‘F2’ pada keyboard.
  2. Akan muncul tampilan Bios sebegai berikut, dan di bios ini kita akan mengatur First Boot adalah CD/DVD-ROM.
  3. Klik tab ‘Boot’ pada bios dan pilih ‘Boot Device Priority’
  4. Setelah itu kita harus mengisi ‘1st’ atau ‘First Boot’ dengan CD/DVD-ROM dan Harddisk/Harddriver. Gunanya booting akan pertama membaca CD/DVD-ROM dan kedua adalah harddisk dan seterusnya.


  1. Masukan CD/DVD Ubuntu ke CD/DVD drive, kemudian Klik F10 pada keyboard untuk menyimpan pengaturan pada bios, dan pilih ‘OK’


  1. Langkah selanjutnya setelah booting anda akan dihadapkan tampilan ubuntu installer pada PC anda.
  2. Bila anda ingin mengganti bahasa pada proses penginstalan anda bisa menggunakan tombol F2 pada keyboard.
Setelah anda memilih bahasa, anda akan kembali di menu sebelumnya dan pilih start or install ubuntu untuk memulai penginstalan.

  1. System  pada  CD  akan  menggunakan  RAM  pada  PC  sebagai  media penyimpanan system sementara. System live CD tidak akan berpengaruh pada harddisk PC. Jadi anda dapat mencoba menggunakan Ubuntu sebelum melakukan instalasi pada system. Pada Live Cd anda dapat melihat fitur fitur utama yang dimiliki ubuntu.
Setelah System Live CD berjalan, anda akan melihat tampilan ubuntu akan seperti ini, namun ini masih booting lewat CD anda, dan jika anda ingin menginstal di Komputer atau harddisk anda double­klik icon install pada desktop untuk memulai proses instalasi.

  1. Proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai muncul perintahnya. Pertama pilih bahasa yang ingin digunakan, banyak sekali pilihan bahasa yang disediakan Ubuntu, pilih default bahasanya adalah English, dan klik Forward.
  2. kemudian kita dihadapkan untuk memilih zona waktu sesuai Kota dan negara kita berada. Pilih Jakarta Indonesia sebagai zona waktu.

  1. selanjutnya pilih keyboard layout yang digunakan, pilih English sebagai default dan klik Forward


  1. Tahap selanjutnya ini yang merupakan tingkat kesulitan dimulai pada menginstal Ubuntu yaitu saat mempartisi  harddisk.  Ada  2  pilihan;  Guided  –  Use  entire harddisk digunakan menggunakan seluruh harddisk, seluruh data yang ada akan dihapus, atau gunakan manual, gunakan partisi harddisk tertentu yang diinginkan. Selanjutnya anda cukup membuat partisi baru, yaitu / atau root (kira 5GB), /home (secukupnya, untuk file­file document anda) dan partisi swap (cukup 256MB biasanya dua kali ukuran Ram)

  1. Apabila  sistem  menemukan  sistem  operasi  Windows  pada  harddisk,  sistem  akan menawarkan  opsi  untuk  memindahkan  settings  pada  windows  ke  sistem  Ubuntu. Abaikan saja pilihan ini, klik Forward.

  1. Ketik nama user anda (boleh asli boleh samaran), kemudian masukkan nama yang ingin
anda gunakan untuk login, dan isikan password. selanjutnya klik forward.

  1. Tampilan selanjutnya adalah jendela informasi setting instalasi. Selanjutnya klik install untuk memulai proses instalasi
  2. Selanjutnya  harddisk  akan  dipartisi  ulang  dan  system  Ubuntu  akan  di  install  ke harddisk. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit (30­45 menit).
  3. Setelah  proses  instalasi  selesai  kita  harus  melakukan  reboot  agar  sistem  dapat
digunakan. klik restart now (jangan lupa untuk mengeluarkan cd installer Ubuntu)

  1. Sytem live CD akan mati, pada proses akhirnya, anda akan melihat tulisan berwarna
biru  pada  bagian  layar  paling  bawah),  CD­Rom  akan  mengeluarkan  CD  Ubuntu, kemudian tekan enter agar PC melakukan restart.

Selanjutnya boot ulang dan masuki sistem Ubuntu baru pada PC anda. System Ubuntu
anda telah mulai. Login ke desktop anda menggunakan  username dan password yang telah dibuat sebelumnya

0 komentar:

a

Ads 468x60px

Featured Posts

welcome

selamat datang di blog saya

blog ini berisi tutorial belajar C++ dan bahasa pemrograman laennya
semoga Bermanfaat

salam kenal
from hapish

About Me

Label

Popular Posts

fan page

Blogger templates